Koperasi Warga RT.02/12 - Dari Anggota Oleh Anggota Untuk Anggota

16 Februari 2010

Kepemimpinan Dalam Koperasi (2)

Kepemimpinan dalam koperasi memang sangat menarik untuk kita pelajari. Secara umum memang memiliki kesamaan, tapi dalam koperasi kepemimpinan memiliki sifat-sifat yang unik dan sama sekali berbeda dengan kepemimpinan dalam organisasi ataupun badan usaha lainnya.

Untuk membangun koperasi sebagai badan usaha yang kuat, sehat dan mandiri, diperlukan Pemimpin/Pengurus yang :

1. Mampu meningkatkan efektifitas organisasi dan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan kopersinya. Organisasi yang efektif dan sehat memiliki ciri-ciri : adanya kepercayaan, keterbukaan, dan iklim yang mendukung. Organisasi koperasi yang efektif mampu menumbuhkan kesadaran dan kegairahan anggotanya untuk tetap setia kepaa koperasi dan berpartisipasi aktif; dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi; dan mampu melahirkan kader-kader koperasi yang berkualitas melalui pendidikan. Efektifitas dan efisiensi adalah persyaratan suksesnya organisasi koperasi.

2. Berjiwa enterpreneur (wirausaha). Untuk memanfaatkan peluang, menerobos rintangan, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan operasional bisnis, diperlukan pengurus yang berjiwa wirausaha.

3. Menghayati aspirasi koperasi. Untuk mengendalikan organisasi koperasi agar tetap jalan lurus atau tidak menyimpang dari ”rel koperasi”, pengurus harus mampu menghayati aspirasi koperasi.

4. Membiasakan meningkatkan kualitas diri. Untuk membangun koperasi, tidak hanya diperlukan dukungan keuangan dan manajemen, tapi juga dukungan keilmuan. Untuk itu, pengurus selalu dituntut untuk meningkatkan kualitas dirinya dibidang ilmu dan teknologi.

5. Memiliki nilai-nilai dasar kepemimpinan yang kuat, antara lain jujur, solidaritas yang tinggi, terbuka serta bertanggungjawab.

6. Visioner dan berorientasi ke masa depan. Mampu membangun impian mengenai bisnis di masa depan.

7. Mampu mewujudkan efisiensi serta menerapkan kaidah-kaidah penghematan dalam koperasi.

8. Mampu mendorong kekuatan/aliansi strategik/jaringan usaha guna memperbesar kapasitas bisnis koperasi.

Pemimpin koperasi yang ideal seperti tersebut di atas dapat diciptakan melalui pendidikan, pengalaman dan pembinaan yang berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Artikel Populer

Peluang Usaha :