Koperasi Warga RT.02/12 - Dari Anggota Oleh Anggota Untuk Anggota

23 Maret 2010

Semua Berawal Dari Keputusan


Hari ini dua tahun yang lalu, tepatnya tanggal 23 Maret 2008, adalah hari bersejarah bagi KOPWAR 212. Ketika kami memberanikan diri menyampaikan niat baik untuk mendirikan Koperasi warga di lingkungan kami. Belum ada gambaran waktu itu akan kemana arah koperasi yang akan kami dirikan, bagaimana alur kerja yang akan kami jalankan, dan apa peran yang akan kami mainkan di lingkungan kami. Yang ada baru sebatas keberanian dan niat baik untuk membuat sesuatu yang berbeda di lingkungan kami.

Hampir 10 tahun kami tinggal di perumahan ini (Sejak bulan Agustus 2000), aktif di kepengurusan Rukun Tetangga (RT) 002/12 Perumahan Puri Cendana. Selama itu ada kejenuhan yang kami rasakan dalam setiap perkumpulan warga kami. Yang mana bahasan pembicaraan baru sebatas masalah siskamling, pembuangan sampah, kegiatan oleh raga, kerohanian, dan lain-lain. Sementara ada satu sisi yang selalu menjadi titik lemah dalam setiap kegiatan yang akan kami selenggarakan, yaitu terkait masalah dana.

Ya… kondisi kas RT selalu jauh dari cukup untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan bersama. Kondisi kas yang selalu minim tentu saja membuat warga dan pengurus RT 002/12 merasa tidak nyaman. Belum lagi jika suatu saat ada hal-hal yang mendesak dalam kehidupan warga, seperti keluarga sakit, kebutuhan anak sekolah, kebutuhan hidup sehari-hari, dan lain-lain. Pengurus RT tidak bisa berbuat banyak untuk membantunya.

Dengan segala keterbatasan dan keberanian, kami mengumpulkan warga untuk membahas tentang pendirian koperasi warga. Draft Ketentuan Dasar pun di susun, dan kami menerangkannya kepada warga yang hadir. Dan Alhamdulillah, dengan penjelasan yang gamblang dan terbuka, warga menyetujui pendirian dan pengesahan Ketentuan Dasar koperasi warga dengan nama KOPWAR 212.

Kini, 2 tahun setelah pendiriannya, kami bisa membuktikan bahwa KOPWAR 212 telah banyak memberi peran dan manfaat bagi warga kami. Berapa banyak warga yang terbantu kebutuhannya, berapa banyak warga yang terpenuhi keinginannya, tentu lebih cepat dan mudah dengan keberadaan KOPWAR 212 ini.

Kami sering membayangkan, seandainya saja pada saat itu warga tidak setuju dengan pendirian Koperasi Warga, seandainya saja warga memutuskan menolak pendirian koperasi dengan mempertimbangkan segala resiko yang akan terjadi, dengan melihat contoh dan pengalaman buruk pengeolaan koperasi warga di tempat lain yang tidak berjalan dengan semestinya, entah apa yang akan terjadi kini. Tentu kami tak dapat berbuat banyak untuk membantu ekonomi dan kesulitan warga kami.

Dari sini kita harus belajar, bagaimana kita harus mengambil keputusan secara cermat. Keputusan yang diambil dengan mempertimbangkan tujuan jangka panjang, akan sangat menentukan apa yang akan terjadi untuk masa depan kita. Salah dalam pengambilan keputusan, tentu hasilnya akan jauh berbeda. Proses pendirian koperasi ini memang berat. Proses panjang sosialisasi sistem kerja koperasi kepada warga akan terus berjalan dan tak akan berkurang kesulitannya. Semakin tinggi nilai asset koperasi, semakin banyak bidang usaha yang dijalankan, tentu akan semakin berat tantanga yang harus dihadapi.

Tapi yakinlah, dengan terus ditingkatkannya kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi azas koperasi, kita akan memiliki kekuatan diluar dugaan kita. Yakinlah tahun-tahun ke depan KOPWAR 212 akan semakin maju dan sukses. Amiin

Tidak ada komentar:

Artikel Populer

Peluang Usaha :