Koperasi Warga RT.02/12 - Dari Anggota Oleh Anggota Untuk Anggota

31 Maret 2010

Agenda Tutup Buku Tahun Ke-2


Seperti umumnya pencatatan keuangan dalam koperasi, pembukuan KOPWAR 212 berlaku untuk setiap 1 tahun. Namun ada yang berbeda dari koperasi lain. Kalau koperasi lain umumnya mencatat pembukuan sesuai dengan tahun kalender, yaitu dari tanggal 1 Januari s.d 31 Desember, pada tahun yang sama. Tapi KOPWAR 212 mencatatnya dari tanggal 1 Maret s.d 31 Maret tahun berikutnya. Hal ini disebabkan KOPWAR 212 mulai beroperasi pada tanggal 1 Maret 2008.

Nah.... hari ini, tanggal 31 Maret 2010, adalah saat kami melakukan penutupan buku untuk tahun ke-2 KOPWAR 212. Hari ini adalah penentuan pada pencatatan keuangan di tahun ke-2, yang mana setiap transaksi yang dilakukan setelah tahun ini akan di catat pada tahun ke-3.

Saat-saat kegiatan penutupan buku adalah saat yang sibuk dan cukup menegangkan. Dimana kami harus mencatat semua transaksi tanpa ada yang boleh tertinggal. Kalau ada 1 saja transaksi yang tidak tercatat atau salah dalam penempatannya, tentu ini akan menimbulkan selisih alias tidak wajarnya pencatatan keuangan kami.

Diantara catatan keuangan yang harus kami perhatikan dalam penentuan tutup buku adalah :
  1. Catatan simpanan anggota (simpanan pokok, wajib, dan sukarela).
  2. Catatan kas.
  3. Catatan transaksi penjualan sembako, dan semua bidang usaha lainnya.
  4. Catatan piutang pinjaman uang.
  5. Catatan pinjaman barang.
  6. Catatan persediaan barang.
  7. Catatan modal penyertaan.
  8. Catatan dana koperasi.
Nah... dari semua catatan mentah tersebut, kami harus mengkalkulasinya sehingga menjadi sebuah laporan keuangan yang siap disajikan. Diantara laporan yang harus kami sajikan adalah :
  1. Neraca Komparatif.
  2. Laporan Perhitungan SHU.
  3. Komposisi Pembagian SHU.
  4. Pembagian SHU Anggota.
  5. Dan lain-lain.
Ada lagi data pendukung yang penting juga di sajikan kepada anggota dalam RAT nanti, diantaranya :
  1. Manfaat pemberian pinjaman uang (munculkan nominal uang yang sudah dipinjamkan).
  2. Manfaat pemberian kredit barang (munculkan semua jenis barang yang sudah dijual).
  3. Manfaat bagi lingkungan sekitar.
  4. Dan lain-lain.
Wah... ternyata banyak juga tugas pencatatan keuangan yang harus kami lakukan. Tapi ini harus kami lakukan, semta-mata untuk menjaga kepercayaan anggota yang menjadi modal utama kami. Yach... kepercayaan anggota adalah modal utama kami, dimana tanpa ada kepercayaan itu, tidak mungkin KOPWAR 212 bisa berjalan lancar dengan modal yang berputar cukup besar.

Kami harus menyajikan laporan keuangan KOPWAR 212 secara transparan, detail dan mudah dimengerti oleh semua anggota. Nantikan laporan kami di acara Rapat Anggota Tahunan Ke-3, yang Insya Allah akan kami selenggarakan pada tanggal 17 April 2010.

1 komentar:

M. Abid mengatakan...

Kerja keras yang akan terobati setelah selesainya pembuatan laporan keuangan, apalagi kalo ada pembagian SHUnya. hehehe... mau dong di bagi SHUnya...

Artikel Populer

Peluang Usaha :