Koperasi Warga RT.02/12 - Dari Anggota Oleh Anggota Untuk Anggota

23 Oktober 2010

Ratusan Koperasi di Kabupaten Bekasi Gulung Tikar

BEKASI, (PRLM).- Ratusan koperasi di Kabupaten Bekasi gulung tikar. Pasalnya, sekitar 700 koperasi yang pernah ada kini hanya puluhan saja yang bisa bertahan.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang pengurus Ikapud (Ikatan Putra Daerah) Kab Bekasi, Nur Rohman, Senin (18/10). Menurutnya, kehadiran koperasi mutlak diperlukan, misalnya bagaimana mengatasi petani saat kesulitan pupuk.

Salah satu tokoh koperasi Kab Bekasi, Daeng Bone mengatakan, koperasi di Kabupaten Bekasi sampai saat ini belum berani mengambil kesempatan ikut lelang proyek-proyek pembangunan ataupun pengadaan barang dan jasa.

Kesempatan tersebut, kata dia, harus segera direbut. Ia berharap, Pemkab Bekasi aktif memberikan pembinaan kepada koperasi. "Jangan semakin dibiarkan seperti ini kondisi koperasi yang kian tahun kian merosot bukan dari kuantitas, namun juga kualitasnya," katanya.

Edi suhrawardi dan Asep Paudin, dua staf Bidang Koperasi Kabupaten Bekasi, menilai, semangat berkoperasi akan lebih baik jika dimulai dari masyarakat sendiri. Seperti yang di gagas oleh Daeng Bone. Koperasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, beranggota sedikitnya 10 orang di setiap desa. Jadi, jika di Kabupaten Bekasi terdapat 187 desa, berarti ada 1.870 desa. (A-186/das)***

1 komentar:

batik mengatakan...

jaman dulu semua diwajibkan buat koperasi, koperasi asal ada, dan manajemen asal2an yah akhirnya harus tutup

Artikel Populer

Peluang Usaha :