Koperasi Warga RT.02/12 - Dari Anggota Oleh Anggota Untuk Anggota

25 Agustus 2013

Mengintip Usaha Modal Kecil

Usaha modal kecil sering kali dipandang sebelah mata alias dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Usaha modal kecil atau sering disebut juga usaha kecil, jika ditekuni dan dijalankan secara konsisten, bisa menghasilkan keuntungan yang tidak kecil.
 
Hal ini disadari pada saat berbincang-bincang dan akhirnya menjadi semi formal interview dengan seorang ibu paruh baya yang awalnya menjalankan peluang usaha kecil ini untuk menghilangkan kebosanan karena banyaknya waktu senggang. Jadi ceritanya ibu paruh baya ini tinggal di lingkungan kompleks perumahan yang lumayan jauh dari kota. Tapi walaupun kompleks perumahannya jauh dari kota, suasana di kompleks perumahannya sangat ramai.
 
Tiap hari, dari pagi sampai malam banyak orang berlalu-lalang, keluar masuk kompleks untuk pergi ke kota untuk bersekolah atau bekerja. Setelah melakukan sedikit pengamatan dan dengan inisiatif sendiri ibu tersebut membuka warung kopi kecil, yang menjual mie instant, kopi dan teh.
Tidak disangka warung ibu tersebut ramai dikunjungi orang, sekedar untuk ngopi sebelum berangkat kerja atau sarapan pagi. Begitu juga di malam hari, warung ramai oleh pengunjung yang melepas lelah sambil menikmati kopi panas atau menyantap sepiring mie instan.
Usaha kecil yang mungkin dianggap remeh orang lain, tapi ternyata setahun kemudian, suami ibu tersebut sampai berhenti bekerja dan mengurus bisnis modal kecil tersebut. Tentunya Anda heran kok berani berhenti bekerja untuk usaha kecil tersebut. Ternyata ibu tersebut dan suaminya menemukan fakta bahwa warung kopi yang merupakan bisnis kecil mereka tersebut, mendatangkan profit yang lumayan.
 
Ternyata warung kopi tersebut bisa mendatangkan profit sekitar Rp. 100.000 – 150.000 per hari. Itu berarti berkisar 3 juta – 4,5 juta rupiah per bulan. Jiwa dan insting berbisnis ibu tersebut pun akhirnya berputar, beliau membuka warung sejenis dengan mempekerjakan orang lain. Saat ini beliau total memiliki 15 cabang. Bayangkan dengan 15 cabang berarti profit sekitar Rp. 45 juta per bulan.
 
Sangat fantastis, dan saya tidak heran mengapa suaminya sampai berani berhenti bekerja untuk mengurus bisnis kecil berprofit besar ini. Bisnis kecil dengan modal kecil ini sukses berkat kejelian sang istri melihat bahwa karena tuntutan jarak yang lumayan jauh dari kompleks ke kota, hampir semua warga sekitar berangkat ke sekolah atau kerja dengan terburu-buru.
Tentunya, warung yang menyediakan beberapa jenis makanan minuman sederhana yang bisa dijadikan sarapan akan ramai dikunjungi. Beliau juga menyadari, warung tersebut harus tetap dijaga agar tetap kecil, agar suasana ramah dan kekeluargaannya tidak hilang, tapi dikompensasi dengan membuka cabang di daerah lainnya yang masih di seputaran kompleks.
Walaupun sekarang cabangnya sudah tidak di seputaran kompleks lagi, tapi mulai melintas batas kota atau kecamatan. Sisi positif usaha modal kecil Usaha modal kecil secara otomatis resikonya juga kecil.
 
Resiko yang kecil membuat pelaku bisnis kecil tidak takut untuk bereksperimen atau mengeksplorasi kemampuan berbisnis atau marketing dan promosinya Bisnis modal kecil membuat bisnis ini mudah diduplikasi atau dibikin cabangnya. Tidak tertutup kemungkinan, dengan kemampuan bisnis dan manajemen yang benar, bisa menjadi waralaba atau franchise.
Sisi negatif usaha modal kecil Modal kecil membuat yang pelaku bisnis menjadi kurang serius. Kesimpulan dari peluang usaha modal kecil ini :
  1. Cabang pertama harus dijalankan seserius mungkin karena cabang pertama ini bakal menjadi contoh atau prototype untuk cabang-cabang selanjutnya.
  2. Pertahankan hal-hal yang bagus dari cabang pertama, dan perbaiki atau improve hal-hal yang masih kurang.
  3. Standarisasi. Sangat penting untuk membuat suatu standar. Untuk warung kopi ini, standarisasi bisa dilakukan dengna menggunakan alat masak, piring, gelas yang sama untuk setiap cabang. Staf atau karyawan yang menjalankan warung kopi juga harus di-training sehingga rasa kopi di semua cabang sama.
  4. Laporan keuangan yang rapi dan teratur Selalu jeli untuk melihat lokasi baru.
 
Selamat menjalankan bisnis kecil dengan mencontoh, meniru atau mengambil inspirasi dari peluang usaha modal kecil ini. Sumber : http://www.berbagiusaha.com

 

Tidak ada komentar:

Artikel Populer

Peluang Usaha :